Ini Deretan Aplikasi Yang Diblokir Kominfo: Whatsapp Terancam Diblokir

Kabarviralmedia.com – Ini deretan aplikasi yang diblokir kominfo: Whatsapp terancam di blokir, simak ulasannya dibawah ini.

Kominfo akan melakukan pemblokiran terhadap aplikasi yang belum mendaftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) lingkup privat jika tanggal 20 Juli belum melakukan registrasi.

PSE adalah singkatan dari Penyelenggara Sistem Elektronik yang merupakan peraturan pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020.

Dalam penerapannya PSE dalam negeri maupun luar negeri diwajibkan untuk melakukan registrasi paling lambat tanggal 20 Juli 2022.

Tujuan dari pendaftaran penyelenggara sistem elektronik ini yaitu untuk menciptakan internet yang aman tentran da juga akses internet yang sehat bagi masyarakat Indonesia.

Namun jika tangal 20 Juli belum ada yang mendaftarkan perusahaan yang termasuk PSE, maka sehari setelah tanggal 20 atau 21 Juli kominfo akan melakukan pemblokiran.

Deretan Aplikasi Yang Diblokir Kominfo, Whatsapp Terancam Diblokir

Berdasarkan pantauan dari data Kominfo, ternyata masih banyak perusahaan yang belum melakukan registrasi PSE mulai dari perusahaan dalam negeri maupun milik luar negeri.

Dilansir dari PikiranRakyat.com, beberapa perusahaan yang belum melakukan registrasi PSE salah satunya adalah perusahaan besar Meta berikut anak perusahaannya seperti Whatsapp, Instagram, Messenger dan Facebook serta perusahaan lainnya seperti:

  1. Google
  2. Telegram
  3. YouTube
  4. Twitter
  5. LinkedIn
  6. Pinterest
  7. Tinder
  8. Tantan
  9. Tumblr
  10. Netflix
  11. Disney+
  12. Prime Video
  13. Grab
  14. GoTube
  15. Mobile Legends
  16. PUBG
  17. Candy Crush
  18. Pokemon Go
  19. Minecraft
  20. Clash of Clan
  21. Garena AOV
  22. League of Legends
  23. Vainglory
  24. Free Fire
  25. Canva
  26. Skillacademy
  27. Duolinggo
  28. Brainly
  29. Cookpad
  30. Aplikasi Cek Bansos
  31. Info BMKG
  32. Mobile JKN
  33. BPOM Mobile
  34. Halal MUI
  35. M-Pajak
  36. Jakarta Smart City
  37. Mawas Ozon
  38. KBBI Kemendikbud
  39. Pikobar Jawa Barat
  40. Vidio
  41. Kaskus.com
  42. Bus Simulator Indonesia
  43. Angkot Simulator Indonesia

Daftar nama diatas merupakan aplikasi yang belum melakukan registrasi. Untuk anda yang ingin mengetahui aplikasi yang sudah terdaftar di PSE baik domestik maupun asing, anda dapat mengunjungi situs PSE Kominfo dengan mengakses link https://pse.kominfo.go.id/home.

Apakah Benar Whatsapp Akan Diblokir?

Lalu apakah benar Whatsapp akan diblokir? berdasarkan informasi yang didapat, yang dikutip dari laman Pikiran Rakyat yang melakukan pemantauan pada lama PSE Kominfo bahwa Whatsapp muncul di laman PSE.

Hal ini terpantau pada Selasa 19 Juli, namun terdapat keanehan pada registrasi aplikasi Whatsap bahkan Google. Keanehan itu ialah terdaftarnya kedua aplikasi tersebut di PSE domestik yang seharusnya termasuk pada PSE global.

Masalah lainnya ialah pendaftaran itu dilakukan oleh perusahaan yang menjalankan bisnis pada aplikasi tersebut. Bukan didaftarkan oleh perusahaan resmi dari whataspp yaitu Meta.

Yang artinya registrasi tersebut dilakukan oleh PT, CV atau perorangan bukan oleh perusahaan aplikasi tersebut. Tentu saja hal tersebut menjadi masalah karena perusahaan – perusahaan itu artinya belum melakukan registrasi.

Meskipun begitu, Kominfo tidak bisa ditawar lagi mengenai batas pendaftaran PSE yang mana jatuh pda tanggal 20 Juli.

Jika tanggal 21 masih ada perusahaan aplikasi yang belum melakukan registrasi maka akan ada sanksi bertingkat, yang mana pemblokiran ialah tingkat tertinggi.

Sanksi tersebut berdasarkan Permenkominfo No 10/2021 tentang Perubahan atas Permenkominfo No 5/2020 dengan PSE Lingkup Privat.

Hal itu tercatat dalam pasal 7 ayat 3, ada tiga tingkatan sanksi yaitu teguran tertulis, penghentian sementara dan baru pemutusan akses atau blokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.